Penyebab Hilangnya Rasa Percaya Diri

Percaya Diri Adalah Kunci Kesuksesan

percaya diriUntuk mencapai kesuksesan setiap orang harus percaya dan yakin bahwa apa yang dilakukannya saat ini bisa mengantarkan kepada kesuksesan. Banyak orang yang ingin sukses tapi hanya “ingin saja” tanpa upaya keras untuk mencapai kesuksesannya. Orang yang punya keinginan atau impian harus mau mengeluarkan tenaga untuk mencapai impiannya bahkan siap menghadapi penderitaan yang sangat demi mencapai impian tersebut. Faktanya hanya sedikit golongan orang yang benar-benar bisa mencapai impiannya sedangkan kebanyakan orang menyerah ditengah jalan karena beratnya perjalanan menuju impian. Apa sih sebetulnya penyebab kegagalan banyak orang dalam mencapai impiannya? Penyebabnya adalah hilangnya rasa “PERCAYA DIRI”.

Percaya Diri berarti mempercayai diri sendiri dan yakin bahwa diri sendiri ini bisa melakukan apapun. Lawan dari kata percaya adalah tidak percaya atau ragu. Keraguan itu timbul karena dalam hati kita sendiri muncul berbagai pertanyaan seperti: mampu gay a? bisa tidak ya? Ambil tidak ya? Sanggup ga ya? Nah pertanyaan tersebut sering muncul dan akhirnya kita ragu apakah yang kita lakukan itu akan berhasil. Ketika ragu terhadap diri sendiri bahwa impian anda tercapai atau tidak maka kemungkinan besar apa impian anda tidak akan tercapai.

Pengingkaran Kecil Penyebab Runtuhnya Percaya Diri

Sebelum jauh berbicara tentang impian maka anda harus mengecek terlebih dahulu janji terhadap diri sendiri yang sering diingkari. Biasanya janji-janji kecil untuk diri sendiri yang akhirnya dianggap sepele kemudian ditunda untuk segera dikerjakan. Penundaan ini dilakukan karena ada kenikmatan yang belum bisa kita tinggalkan untuk menuju perubahan. Contoh menunda untuk tidak merokok karena nikmatnya, menunda untuk berolahraga karena lebih nikmat kalau pagi-pagi tidur, menunda menghindari makanan kolestrol tinggi karena lezatnya yang luar biasa. Kenapa kita harus identifikasi yang kecil-kecil dahulu? Karena dengan memperhatikan hal-hal kecil maka yang besarpun nanti akan terperhatikan.

percaya diriJika anda janjian bertemu dengan teman kemudian anda tidak menepati jaji itu apa yang ada dipikiran teman anda? Ya, pastinya teman anda sudah mulai tidak percaya sama anda atau mulai meragukan anda. Ok, jika masih satu kali itu mungkin bisa dimaafkan. Bagaimana jika anda berkali-kali berjanji tapi tidak ditepati maka teman anda pun tidak akan pernah percaya lagi kepada anda. Begitupun dengan rasa Percaya Diri, seringkali anda membuat komitment untuk perbaikan diri tapi diri anda sendiri yang melanggar komitmen tersebut. Jika komitment terhadap diri sendiri sering dilanggar maka lama kelamaan anda tidak akan mempercayai diri anda sendiri .

Contoh, anda sering bangun kesiangan, lalu anda berjanji kepada diri untuk merubah kebiasaan buruk tersebut dan janjinya adalah anda akan bangun jam 04.00. Sering kali terjadi pas besoknya bangun jam 04.00 tubuh kita masih merasa malas, lalu berpikir “bentar lagi ah, setengah jam lagi”, dan akhirnya bangunnya masih tetep jam 06.00 juga. Nah jika hal ini terus dilakukan berulang-ulang maka kepercayaan diri untuk bisa bangun pagi akan hilang.

Contoh lain, anda berjanji untuk mengerjakan pekerjaan dengan dicicil sedikit-demi sedikit setiap hari. Karena anda tahu jika dicicil maka pekerjaan akan terasa ringan. Lalu kemudian anda tetap menunda-nunda pekerjaan anda, maka dijamin kepercayaan diri bahwa anda bisa menyelesaikan tugas dengan baik akan hilang.
Untuk mencapai impian yang besar dibutuhkan komitment besar terhadap diri sendiri. Karena semakin besar impiannya maka akan menuntut kita untuk bekerja keras lebih, disiplin lebih, konsiten lebih. Maka berlatihlah menepati janji PERBAIKAN DIRI dimulai dengan hal-hal yang kecil. Lebih baik mengerjakan hal-hal yang kecil secara terus menerus daripada melakukan Hal besar tapi hanya satu kali saja. Proses pertumbuhan mental itu berlangsung setiap waktu, maka latihlah diri untuk melaksanakan komitment diri lalu perhatikan perubahan besar yang terjadi pada diri anda, secara tidak sadar anda akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa Percaya Diri tinggi.

Leave a Reply